Monday 16 March 2009

Tips memilih kampus



Buat yang baru aja menyelesaikan ujian nasional, kamu mungkin lagi bingung menentukan perguruan tinggi untuk melanjutkan studi.
Di Indonesia, perguruaan tinggi negri memang masih menjadi pilihan utama, tapi bukan berartiperguruan tinggi swasta kalah berkualitas.

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat menentukan perguruan tinggi:

- Biaya
Saat memilih perguruan tinggi kamu harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan orang tua. Saat memasuki dunia kampus, berbagai jenis biaya harus dipenuhi, mulai dari biaya gedung, biaya semester, biaya ujian, dan lain sebagainya. Kamu juga harus mempertimbangkan biaya transportasi ke kampus.
- Reputasi
Sebelum memutuskan untuk mendaftar ke sebuah perguruan tinggi, sebaiknya kamu cari informasi mengenai reputasi perguruan tinggi tersebut. Tanyakan informasi mengenai fasilitas yang ada, kualitas lulusan, dan dosen, serta status akreditasi. Ingat….gedung mewah dan fasilitas kelas ber-AC tidak menjamin suatu perguruan tinggi punya reputasi yang baik.

- Aktivitas / Kegiatan Mahasiswa
Informasi yang satu ini mungkin sering terlupakan dan cenderung diabaikan oleh banyak orang. Namun kegiatan mahasiswa di perguruan tinggi dapa membantu kamu di masa depan. Kuliah bukan sekedar mencari ilmu tapi kamu juga harus mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja. Dengan aktif di kegiatan mahasiswa, kamu akan belajar cara berorganisasi dan bekerja sama dengan banyaka orang. Hal ini akan menjadi poin lebih untuk kamu saat masuk dunia kerja, apalagi kalau kamu berprestasi dalam kegiatan tersebut.

No comments: