Saturday 7 March 2009

tips memilih jurusan


mo ngambil jurusan apa nanti??????
ini pertanyaan yang sering diajukan ketika berada di bangku sekolah.sebagian orang sudah menentukan saat masih SMA dan tak sedikit yang menentukan setelah tamat SMA dan saat mendaftar di perguruan tinggi.
ada bannyak alasan memilih jurusan, bisa karena minat dan bakatnya, jurusan tersebut banyak peminatnya, masa depan setelah lulus kuliah (cepat dapet kerja gitu loehh...),ikut ama teman, atau bisa karena suruhan orang tua kali.
memillih jurusan yang tepat akan membuat masa depan terbuka dengan lebar. jangan karena diajak teman atau banyak peminatnya, maka memilih jurusan yang tidak disukai atau dikuasai.
okayy..guysss....i'm gonna give you tips memilih jurusan, pertama sesuaikan cita-cita, minat dan bakat. tentunya kita udah punya bayangan tentang lapangan pekerjaan yang akan dijalani kelak di masa depan. nahh..jurusan yang dipilih baiknya sihh disesuaikan dengan cita-cita, tapi jangan lupa menyesuaikan dengan minat dan bakat yang dimiliki. kalopun akhirnya tak memiliki bakat dan kemampuan dibidang yanng diinginkan, yaa..lebih baik jangan memaksakan diri atuh...khan kasian kamunya nanti.....kedua jenjang pendidikan, ada banyak macam jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi. pernah dengar jenjang strata dan diploma khan!!!! perbedaannya tidak hanya pada lamanya masa perkuliahan tapi juga kekhususannya. strata lebih menenekankan pada penguasaan ilmu (orang bilang teori gi toe),nahh... kalo diploma lebih menekankan keahlian pada bidang tertentu. yang ketigaprospek setelah lulus kuliah, saat memilih jurusan juga harus mampertimbangkan peluang profesi yang akan dijalani nantinya. beberapa jurusan memang selalu menjadi favorit from year to year, tapiharus disadari kalo jurusan favorit akan lebih banyak juga jumlah lulusannya. sementara jurusan non favorit memang sih kurang diminati dan persaingan dalam mencari kerja akan lebih sedikit. namun ingat apakah jurusan tersebut menjanjikan masa depan yang lebih mudah
naahhhh gimana nihh.....keputusane ada ama eloe-eloe pade yehh...khan eloe sendiri yang jalani hidup loeh...

No comments: