Sunday 22 March 2009

SEHAT BERSAMA MINYAK ZAITUN


Minyak zaitun (OLIVE OIL) mulai digunakan sebagai kosmetik kesehatan kulit sejak 4000 tahun silam oleh penduduk di kawasan mediterania. Minyak ini tidak hanya akrab dengan kalangan wanita untuk kecantikan tapi juga dapat digunakan untuk tujuan kesehatan dan dapat digunakan untuk menambah cita rasa makanan...

Bahkan kehebatan minyak zaitun telah dibuktikan oleh Allah Subhanahu Wata'ala dalam firman-Nya; yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya,yaitu pohon yang tumbuh tidak disebelah timur dan tidak pula di sebelah barat, yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh oleh api(An-Nur:35)

Dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda:"makanlah buah zaitun dan berminyaklah dengannya karena sesungguhnya ia dari pohon yang diberkahi(HR. Tirmidzi,dll)

Orang Yunani pada zaman dulu menggunakannya sebagai pengganti sabun yaitu degan mengoleskan dan menggosokkan pada seluruh bagian tubuh lantas diseka dengan sejenis kayu yang berstektur lembut.

Bagi wanita yang memanfaatkan khasiat minyak zaitun dapat mengoleskannya pada wajah atau tubuh untuk memperoleh kulit yang halus sehalus kulit bayi..jadi para wanita tidak perlu repot-repot ke salon untuk perawatan tubuh jadi uang dapat ditabung lha...hitung-hitung berhemat nihh....
Bahkan bila dioleskan secara teratur pada wajah dapat mencegah dan mengobati jerawat serta membuat jerawat cepat kering...minyak zaitun juga dapat mempertahankan kelembaban kulit dan menjaga elastisitas kulit wajah, dapat mengurangi kerutan jika dioleskan secara teratur setia malam....

Bahkan wanita kantoran yang takut kulitnya kering akibat pengaruh AC ruangan dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab. Dan minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai pengganti foundation (alas bedak)....untuk wanita yang berjilbab bisa menggunakannya sehingga kulit wajahnya tidak belang karena paparan langsung sinar matahari. Jangan khawatir dengan minyak zaitun karena minyak ini memiliki sifat menyerap panas.....jangan disamakan dengan minyak goreng biasa yeee........

Khasiat minyak zaitun tidak hanya itu lha...jika dioleskan pada rambut sebelum keramas, diamkan selama satu jam sambil dibungkus handuk kemudian dibilas dan setelah keramas rambut dalam keadaan kering dioleskan kembali sambil dipijat - pijat terbukti dapat memperkuat akar rambut, melembutkan dan mengkilapkan warna hitam rambut.

Pada saat ini disepakati bahwa minyak zaitun dengan kualitas terbaik dikenal dengan Extra Virgin Olive Oil yang diperoleh melalui cara pemerasan dingin yaitu prose yang tidak menggunakan panas. Adapun minyak zaitun ang bermutu lebih rendah dapat diketahui dari kemasannya yaitu virgin olive oil, refined olive oil, atau hanya olive oil saja.

Pernahkah andan mendengar tentang kehebatan makanan Mediterania yang mengandung minyak zaitun? Konon makanan itu adalah yang terbaik bagi penderita diabetes dan segala bentuk kelainan yang berkaitan dengan insulin serta bagi penderita hepertensi.

Makanan yang digoreng dengan minyak zaitun tidak akan banyak mengalami kerusakan pada nitrisi kandungannya dibandingkan kalau memakai minyak zaitun lebih dari satu kali dalam sehari akan mengalami penuruna resiko terkena serangan kanker payudara sebesar 45%. Aa kemungkinan besar minyak ini mempunyai efek terapi bagi gangguan tukak lambung dan pencegahan pembentukan batu empedu.

Ada sebuah pengalaman menarik yanitu tentang keberhasilan penyembuhan sakit punggung yang dialami seorang wanita. Caraya mudah saja yaitu dengan mengonsumsi 2 sendok makan penuh minyak zaitun selama 10 hari setiap pagi sebelum makan yaitu ketika perut masih kosong.

Apa yang membuat khasiat minyak zaitun sedemikian hebat?? Geronimo Diaz, seorang ahli kimia dari Spanyol mengatakan, di dalam minyak zaitun terkandung lebih dari 80% asam lemak tak jenuh (mono unsaturated faty acid) yaitu yang bias mempertahakan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk)dan oleh karenanya dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Kandungan senyawa vitamin E dan provitamin A pada minyak zaitun mempunyai anti oksidan yang saat ini sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas, yaitu senyawa yang sudah banyak diketahui mempunyai kemampuan merusak sel tubuh manusia.
Dengan konisi lingkungan yang semakin memprihatikan maka bahaya pembentukan radikal bebas didalam tubuh manusia menjadi semakin tinggi. Dan hal ini berarti tubuh membutuhkan anti oksidan dalam jumlah cukup. Melawan radikal bebas akan mencegah terjadinya gangguan pada proses pembelahan sel yang merupakan penyebab tibulnya kanker.

Vitamin E dan pro-vitamin A yang terkandung di dalam minyak zaitun juga baik sekali untuk mencegah kerusakn kulit. Minyak ini dapat melindungi kerusakan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, mencegah kekeringan kulit dan eksema. Karena kaya akan vitamin E, minyak ini baik sekali untuk perawatan kulit sampai sekarang minyak ini masih sering digunakan untuk pijat baik tanpa campuran maupun dalam campuran dengan minyak atsiri dalam terapi aroma.

Kemampuannya untuk meresap dalam pori-pori kulit membuatnya menjadi bahan yang sangat baik untuk mempertahankan kelembaban kulit serta menghindarkan diri dari pengaruh buruk sinar ultra violet dan sinar matahari.

No comments: