Monday 6 April 2009

HIDUP SEHAT BERSAMA MADU


MADU adalah cairan bening yang dihasilkan oleh lebah madu yang berasal dari nectar (cairan dari bunganyang manis rasanya) yang dikumpulkan oleh lebah pekerja. Komponen utama madu adalah fruktosa, glukosa, dan sukttrosa.

Selain itu madu juga mengandung beberapa mineral penting seperti natrium, kalsium, magnesium, tembaga, mangan, besi, kalium, dan fosfor yang tersusun dengan kadar mendekati komposisi mineral daral manusia. Juga terdapat protein dan vitamin B1, B2, K, dan C, serta beberapa enzim yang dapat membantu proses pencernaan. Dilihat dari komposisinya maka tidak heran kalau MADU bias menyehatkan tubuh.

Nilai gizi semua jenis madu dari bermacam-macam jenis madu sebenarnya tidak jauh berbeda. Tetapi pembeli lebih memilih madu dengan mempertimbangkan aroma, warna dan harga. Sebagian masyarakat Indonesia yakin kalau madu merupakan cairan yang alami yang enak dan manis. Kita juga beranggapan madu kental itu sebagai “makanan istimewa” untuk kebugaran tubuh. Konon madu dapat menjaga lestarinya kemampuan seksual seseorang.

Menurut sumber kepustakaan setiap 1.000 g madu bernilai 3.280 kalori. Nilai kalori 1 kg madu sma dengan 50 butir telur atau 5.575 lt susu atau 1.680 kg daging. Meski sama manisnya, perlakuan tubuh manusia terhadap yang manis itu berbeda dibandingkan dengan gula atau gula pasir. Sifatnya yang terapeutik (mengobati penyakit) dan mudah diserap tubuh, membuat madu dapat diproses langsung menjadi glukogen yang cepat memulihkan tenaga dan membantu proses penyembuhan dari penyakit, sedangkan gula harus diproses terlebih dulu oleh enzim pencernaan di usus. Dengan demikian tubuh manusia bisa lebih cepat merasakan manfaat mau dibandingkan gula pasir.

Bias disimpulkan kalau madu sangat penting dalam kehidupan manusia. Khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sehingga madu banyak dipakai sebagai makanan, obat, sampai bahan kecantikan. Tetapi untuk menjadikannya sebagai konsumsi sehari-hari masih sering terlewatkan.

Padahal berbagai jenis penyakit dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi madu, seperti mengobati penyakit sulit tidur, batuk, luka bakar, dan mengurangi kejang perut, madu juga bisa menghilangkan kebiasaan ngompol anak-anak. Selain itu madu juga mampu membantu menyembuhkan penyakit anemia, tukak lambung (maag), radang usus serta dapat menguatkan jantung dan ginjal. Itdak hanya itu madu juga dipercaya dapat membuat kita panjang umur.

Keunggulan khasiat madu memang tak perlu diragukan lagi. Sebagai makanan bergizi tinggi. Oleh karena itu tidak heran jika madu bernilai ekonomi tinggi.

No comments: